Warning: ini_set() has been disabled for security reasons in /home/pkk/public_html/wp-content/plugins/download-manager/download-manager.php on line 45
Program Pangan | PKK Kabupaten Ngawi

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus di upayakan untuk tercukupinya dan tersedianya bahan makan, oleh karena itu penanganan masalah pangan betul-betul dilakukan secara intensif baik melalui tekonologi tepat guna maupun tradisional yang dilaksanakan melalui koordinasi dengan Dinas terkait.

Pemanfaatan pekarangan

Pemanfaatan pekarangan

Pemenuhan kebutuhan pangan yang sehat khususnya bagi balita sangat penting karena menentukan pembentukan fisik maupun otak balita kedepannya. Oleh karena itu Tim Penggerak PKK Kecamatan Jogorogo bekerja sama dengan UPT Dinas yang ada di Kecamatan Jogorogo memberikan perhatian yang intensif dalam hal tersebut. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan yang sehat khususnya bagi balita tersebut TP PKK Kecamatan Jogorogo melakukan inovasi dengan memanfaatkan lahan pekarangan melalui penanaman toga dan kebun sayur disetiap rumah tangga serta lahan-lahan kosong yang memungkinkan. Di Kecamatan Jogorogo terdapat 1 (satu) desa yang merupakan salah satu yang termasuk dalam Program Desa Unggulan tahun 2012. Sehingga Desa Ngrayudan dijadikan sebagai percontohan penanaman toga dan kebun sayur. Kondisi alam Desa Ngrayudan juga sangat mendukung untuk pengembangan tanaman sayur dan tanaman obat keluarga.

Papan Toga dan sayuran

Papan Toga dan sayuran

Di Desa Ngrayudan disetiap rumah tangga telah diwajibkan untuk menanam 10 jenis tanaman toga dan tanaman sayuran. Pemanfaatan tanaman toga tersebut disertai dengan pemberian pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat masing-masing tanaman toga tersebut, sehingga toga tersebut dapat dimanfaatkan ketika ada warga masyarakat yang sakit dan dapat di tolong dengan tanaman obat yang ada. Sedangkan untuk kebun sayur bertujuan agar rumah tangga yang memiliki balita dapat memanfaatkan tanaman sayur tersebut guna pemenuhan gizi balita sehingga dapat mengurangi angka balita gizi buruk/kurang. Guna memaksimalkan fungsi kebun toga dan sayur yang ada, maka disetiap rumah di pasang papan yang memuat daftar nama toga yang ada di pekarangan rumah tersebut serta nama serta anggota keluarga tersebut. Pemasangan papan tersebut supaya bila ada yang membutuhkan toga maupun tanaman sayur yang tidak ada dipekarangannya, maka dapat mudah mencari di pekarangan rumah keluarga yang lain.

Papan slogan HATINYA PKK

Papan slogan HATINYA PKK

Pelaksanaan program dimaksud merupakan kerja sama yang baik TP PKK Kecamatan Jogorogo dengan UPTD ataupun mantri pertanian, perkebunan dan kehutanan. Tak terlepas pula oleh peran aktif TP PKK Desa Ngrayudan serta kader PKK yang senantiasa mendampingi masyarakat.

Jumlah KK yang melaksanakan pemanfaatan pekarangan, antara lain :

–  untuk kegiatan Hatinya PKK              :   10.039 KK

–  untuk kegiatan  Peternakan               :   10.056 KK

–  untuk kegiatan Perikanan                  :   452 KK

–  untuk kegiatan Warung Hidup            :   8326 KK

–  untuk kegiatan Toga                          :   8327 KK

–  untuk Tanaman Keras                        :   8635 KK

Selain itu untuk mewujudkan program tersebut, TP PKK Kecamatan Jogorogo telah melaksanakan kegiatan yang lain diantaranya :

  1. Melaksanakan pelatihan cara memasak jajanan PMT ASI bagi Kader PKK Desa.
  2. Melaksanakan penyuluhan dalam upaya penganekaragaman pangan dan ketrampilan membuat makanan baik beras maupun non beras untuk menambah pengetahuan bagi ibu – ibu warga PKK serta mengikuti lomba cipta menu di Tingkat Kabupaten.
  3. Melaksanakan Gerakan Perempuan dengan Program Pohon Asuh.
  4. Mengadakan pembinaan pada TP PKK Desa untuk diteruskan pembinaan ke warga PKK di Desa dalam rangka pemanfaatan pekarangan, penganekargaman tanaman pangan/toga yang produktif untuk meningkatkan gizi dan pendapatan keluarga.
  5. Adapun jumlah Kader bidang pangan keseluruhannya sebanyak 138 orang dan jumlah industri rumah tangga bidang pangan sebanyak 157 dengan usahanya antara lain : pembuatan kripik jamur, sambel kacang, kecap botol, anyaman.

Comments are closed.

Inovasi


Link Terkait


Video


Gallery


Peta Ngawi

Click to open a larger map