Warning: ini_set() has been disabled for security reasons in /home/pkk/public_html/wp-content/plugins/download-manager/download-manager.php on line 45
Program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila | PKK Kabupaten Ngawi

Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dalam Kegiatan Bela Negara dan Kesadaran Hukum.

Pendidikan Pendahuluan Bela Negara merupakan pendidikan yang harus ditanamkan sejak dini, oleh karena pembelaan Negara merupakan syarat yang paling penting. Berkenaan dengan hal tersebut, maka TP PKK Kecamatan Jogorogo melaksanakan berbagai kegiatan  yang berkaitan dengan PPBN, antara lain sebagai berikut  :

  • Untuk lebih memahami tentang Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, maka telah mengikuti Sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Nasional di Tingkat Kabupaten Ngawi pada tanggal 15 April 2010 yang ditindaklanjuti dengan mengadakan penyuluhan wawasan kebangsaan pada pertemuan rutin yang diikuti oleh Kader PKK Desa.
  • Bekerja sama dengan instansi terkait seperti Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Ngawi dan Polsek Jogorogo mengadakan penyuluhan tentang sadar hukum bagi anggota PKK di Desa-desa se wilayah Kecamatan Jogorogo.
  • Dalam upaya membantu menangani Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Desa-desa telah di bentuk Pos Pembantu Pelayanan Biro Konsultasi Hukum  yang membantu melayani masyarakat yang mengalami masalah tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Diharapkan dengan adanya pos KDRT di tingkat desa akan dapat memberikan rasa aman dan nyaman warga masyarakat khususnya perempuan dan anak. Penyuluhan KDRT ini selain berada di tingkat desa juga di anjurkan untuk di laksanakan sampai pada tingkatan dasa wisma.
  • Memberikan motivasi dan arahan pembentukan kelompok simulasi Kadarkum di setiap Desa,  dengan memberikan pemahaman hukum pada masyarakat melalui simulasi akan lebih mempermudah kader PKK atau masyarakat desa untuk mengerti dan memahami permasalahan di bidang hukum atau yang lainnya. Selain itu juga dapat meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme sebagai warga negara Indonesia. Sampai saat ini jumlah Kelompok Simulasi PPBN ada 18 dan Kelompok Simulasi Kadarkum sebanyak 18.
  • Jumlah Kader yang ada di Wilayah Kecamatan Jogorogo antara lain:

– Kader PPBN  sebanyak       : 27

– Kader Kadarkum sebanyak         : 26

Penyuluhan KDRT pada anggota PKK

Penyuluhan KDRT pada anggota PKK

Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dalam Life Skil dan Pola Asuh Anak.

Dalam rangka pembinaan pola asuh anak tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh kelompok-kelompok anak maupun remaja termasuk Karang Taruna Remas, dsb.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain :

  • Bekerjasama dengan Polsek Jogorogo mengadakan penyuluhan kepada anak dan remaja tentang Bahaya Narkotika dan obat terlarang dan zat adiktif lainnya (Narkoba).
  • Bekerja sama dengan sekolah – sekolah mencegah perilaku anak remaja dalam pergaulan bebas.
  • Bekerjasama dengan Pokja II memberikan latihan ketrampilan kepada remaja.
  • Adapun jumlah Kader Pola Asuh yang ada sebanyak 12  dan jumlah Kelompok Simulasi Pola Asuh ada 2.

Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dalam Tertib Administrasi Kependudukan.

  • Mengadakan penyuluhan tentang pentingnya  kepemilikan akte kelahiran melalui pembinaan di Desa-desa
  • Mengadakan pendataan bagi anak yang belum memiliki akte kelahiran melalui Kelompok Dasa Wisma dan  Paud Formal dan Non Formal
  • Bekerjasama dengan Instansi terkait tentang pengadaan akte kelahiran gratis bagi Keluarga yang tidak mampu.

Comments are closed.

Inovasi


Link Terkait


Video


Gallery


Peta Ngawi

Click to open a larger map