Warning: ini_set() has been disabled for security reasons in /home/pkk/public_html/wp-content/plugins/download-manager/download-manager.php on line 45
Pokja | PKK Kabupaten Ngawi

Selain Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi yang memimpin dan mengendalikan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK sesuai dengan program kerja baik jangka panjang dan program kerja tahunan, Sekretaris dan Bendahara juga memiliki peranan dalam mengendalikan sekaligus mengkoordinasikan kegiatan Bidang Umum dalam rangka membantu Ketua melaksanakan kegiatan – kegiatan sebagai berikut :

Kelembagaan

  • Kepengurusan TP PKK Kabupaten Ngawi masa bhakti tahun 2010 – 2015 dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Ngawi 188/175/404.012/2010 tanggal 27 September 2010.
  • Pelantikan anggota TP PKK Kabupaten Ngawi masa bhakti tahun 2010 – 2015 dilaksanakan oleh Bupati Ngawi pada tanggal 27 September 2010
  • Ditingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan juga telah dibentuk kepengurusan, berpedoman pada hasil Rakernas VI dan Rakerda VII PKK Provinsi Jawa Timur.
  • Pembentukan kelompok-kelompok PKK untuk membantu kelancaran tugas TP PKK Desa dan Kelurahan dalam melaksanakan program-program PKK, dibentuk kelompok-kelompok PKK kewilayahan yang terdiri dari :

– Kelompok PKK Dasa Wisma      :   14.686 kelompok

– Kelompok PKK RT                     :    5.632 kelompok

– Kelompok PKK RW                   :       978 kelompok

– KelompokDusun / Lingkungan     :    1.015 kelompok

  • Pembagian tugas urusan Ketua

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi dibantu 4 orang Wakil Ketua, dengan pembagian tugas sebagai berikut :

– Wakil Ketua I     : Membidangi Pokja IV

– Wakil Ketua II    : Membidangi Bidang Sekretariat dan Pokja II

– Wakil Ketua III   : Membidangi Pokja III

– Wakil Ketua IV  : Membidangi Pokja I

  • Pembentukan Dewan Penyantun TP PKK Kabupaten Ngawi :

Sesuai dengan hasil Rakernas VI PKK serta Rakerda VII PKK tingkat Provinsi Jawa Timur, di Kabupaten Ngawi telah dibentuk Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK dengan Surat Keputusan Bupati Ngawi nomor : 188/70.1/404.012/2011.

Pembentukan Dewan Penyantun TP PKK Kabupaten Ngawi yang sudah ada sebelumnya, yang dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Ngawi nomor :188/179/404.013/2006.

Pembentukan Dewan Penyantun TP PKK Kabupaten Ngawi dimaksud juga telah direalisasi di tingkat Kecamatan, desa dan Kelurahan.

Sekretariat

Sekretariat TP PKK Kabupaten Ngawi melaksanakan tugas membantu pimpinan dalam menyelenggarakan administrasi, urusan organisasi, rumah tangga, monitoring, evaluasi, humas dan lain-lain. Selain itu sekretariat juga mengkoordinasikan kegiatan Pokja-Pokja.

Adapun pokok-pokok kegiatan kesekretariatan antara lain :

1. Administrasi

  • Pelaksanaan administrasi PKK di Kabupaten Ngawi mengikuti hasil Rakernas VI PKK serta Rakernaslub PKK tahun 2000. Selanjutnya mulai awal tahun 2013 yang akan datang, administrasi PKK dimaksud telah disempurnakan, disesuaikan dengan hasil Rakernas VII PKK dan hasil Rakerda VIII PKK tingkat Provinsi Jawa Timur.
  • Selain menggunakan buku yang dibakukan sesuai hasil Rakernas VII PKK, guna mengadministrasikan semua kegiatan PKK masih dipandang perlu memanfaatkan buku pengembangan yang sifatnya sebagai buku bantu sesuai kebutuhan.
  • Papan Data PKK : Guna memvisualisasikan hasil kegiatan PKK, TP PKK Kabupaten Ngawi memiliki ruang data PKK, yang sekaligus dimanfaatkan untuk ruang pertemuan PKK.

2. Surat Menyurat

– Jumlah surat keluar           :       160   surat

– Jumlah surat masuk          :       397   surat

– Jumlah surat keputusan     :          6   surat

Melaksanakan Kegiatan Dalam Rangka Pemantapan Gerakan PKK

  • Melaksanakan Rakerda VIII PKK tingkat Kabupaten Ngawi :

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan Rakerda VIII PKK tingkat provinsi JawaTimur, di Kabupaten Ngawi juga melaksanakan Rakerda VIII pada tanggal 27 Juni 2012

Rakerda ini diikuti :

– Seluruh anggota TP PKK Kabupaten Ngawi

– Seluruh Ketua TP PKK kecamatan se Kabupaten Ngawi

– Seluruh Sekretaris dan Ketua Pokja I s/d IV

Bintek Keuangan

Bintek Keuangan

  • Khusus untuk bidang keuangan, dilaksanakan khusus bimbingan teknis pengelolaan keuangan PKK bagi Ketua TP PKK kecamatan dan unsur Bendahara Kecamatan se Kabupaten Ngawi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2012 tempat Gedung PKK Kabupaten Ngawi dengan peserta 43 bendahara PKK Desa Binaan dan Kecamatan.
  • Sebagai tindak lanjut pelaksanaan Rakerda VIII PKK Kabupaten Ngawi, ditingkat Kecamatan pelaksanaanya. Sosialisasi hasil Rakerda VIII PKK untuk TP PKK Desa/Kelurahan diwilayah masing-masing dimulai tahun 2013.
  • Pemberdayaan Kader

Melaksanakan lomba penyuluhan 10 Program Pokok PKk bagi Kader TP PKK Kecamatan se Kabupaten Ngawi tahun 2012. Adapun hasil lomba sebagai berikut

Penyerahan Piala Lomba Penyuluh

Penyerahan Piala Lomba Penyuluh

– Terbaik I        :  Ny. Dwi Wahyu, Kec. Widodaren

– Terbaik II       :  Ny. Rusbiyanti, Kec. Kasreman

– Terbaik III      :  Ny. Tri Suwarni, Kec. Sine

– Harapan I      :  Ny. Dwi Maryani, Kec. Pitu

– Harapan II      :  Ny. Junarti, Kec. Padas

– Harapan III     :  Ny. Sumarheni, Kec. Bringin

  • Setiap tahun dalam rangka memperingati Hari  Kesatuan Gerak PKK, TP PKK Kabupaten Ngawi mengusulkan piagam penghargaan jasa pengabdian kepada Bupati Ngawi terhadap Kader PKK Desa/Kelurahan yang telah mengabdikan diri secara terus menerus lebih dari 10 tahun.

Untuk tahun 2012 yang mendapatkan + 40 Kader PKK

Melaksanakan kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan Ketua TP PKK Kecamatan pada tahun 2012.

Sesuai dengan hasil Rakerda VIII PKK, maka TP PKK Kabupaten Ngawi melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan TP PKK Kecamatan, selama tahun 2012 telah dilantik

Ketua TP PKK Kecamatan sebagai berikut :

  1. TP PKK Kecamatan Kendal
  2. TP PKK Kecamatan Jogorogo

Dilantik pada tanggal10 Juli 2012

Bertempat di Ruang Pertemuan TP PKK Kabupaten Ngawi

Ketua TP PKK Kecamatan sebagai berikut :

  1. TP PKK Kecamatan Sine
  2. TP PKK Kecamatan Pangkur

Dilantik pada tanggal 11 Oktober 2012

Bertempat di Ruang Pertemuan TP PKK Kabupaten Ngawi

Pengelola Keuangan

Dalam rangka merealisasi program kerja tahun 2012, TP PKK Kabupaten Ngawi memperoleh dana yang berasal dari :

  • APBD Kabupaten Ngawi (biaya langsung) sebesar Rp. 500.000.000,- dengan rincian sebagai berikut :

– Bidang Sekretariat   :  Rp.     346.180.000,-

– Pokja I                    :  Rp.      79.434.000,-

– Pokja II                   :  Rp.      19.534.000,-

– Pokja III                  :  Rp.      19.534.000,-

– Pokja IV                  :  Rp.      24.518.000,-

  • Bantuan dari Dinas/Instansi Pembina teknis untuk mendukung program PKK antara lain dari BPD, Dinas Kesehatan, Badan PP dan KB dan lain-lain sebesar Rp. 25.000.000,-
  • Swadaya TP PKK Kabupaten Ngawi sebesar Rp. 10.000.000,-

Sarana Dan Prasarana

Aktifitas TP PKK Kabupaten untuk kantor dan sekretariat berada di komplek Pendopo Kabupaten Ngawi. Sedangkan untuk sarana prasarana yang lain sebagai berikut :

  • Ruang pertemuan
  • Ruang Ketua TP PKK
  • Ruang Sekretariat dan Pokja-Pokja
  • Ruang Data yang terpisah diluar dari komplek pemerintah Daerah
  • Untuk sarana transportasi disediakan sebuah kendaraan roda empat dan satu buah kendaraan roda dua
  • Daftar inventaris selengkapnya sebagaimana terlampir
  • Kebun PKK
  • Ruang untuk konsultan penanggulangan KDRT

Melaksanakan kerjasama dengan lembaga lainnya dalam rangka melaksanakan program PKK.

Dalam rangka lebih mengoptimalkan pelaksanaan program-program PKK, TP PKK Kabupaten Ngawi melaksanakan kerjasama dengan lembaga lain yang peduli dan mendukung gerakan PKK misalnya :

  1. Dengan GOW Kabupaten Ngawi menyebarluaskan informasi tentang program PKK kepada anggota GOW dengan maksud memperoleh dukungan untuk disebarluaskan melalui organisasinya masing-masing.
  2. Dengan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Ngawi bekerja sama memadukan program dengan kegiatan Dharma Wanita Persatuan seperti : ketrampilan, lomba masak ikan dan bhakti sosial di Sekolah Luar Biasa (SLB) tipe C dengan memberikan bantuan anak sekolah 20 set.
  3. Dengan PERWOSI cabang Ngawi, melaksanakan lomba volley putri antar Kecamatan se Kabupaten Ngawi.
  4. Dengan K3S (Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Ngawi dalam penanggulangan masalah PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial).
  5. Kerjasama dengan Dekrasnada Kabupaten Ngawi mengadakan pameran dan pasar murah dalam menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1433 H
  6. Kerjasama dengan Bank Jatim untuk mendukung Program Gizi Buruk di Kabupaten Ngawi.
  7. Kerjasama dengan KPDH (Kelompok Perempuan Daerah Hutan) mengadakan pelatihan membuat tas plastik dengan peserta 50 anggota KPDH tanggal 20 Juni 2012 tempat Kecamatan Bringin dengan pelatih Bapak Suwandi.
  8. Kerjasama dengan RSU dr. SOEROTO mengadakan operasi bibir sumbing dengan peserta 11 anak.
  9. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi mengadakan Sosialisasi Taman Posyandu bertempat di Pendopo Wedya Graha.
  10. Bersama Dinas terkait TP PKK Kabupaten Ngawi mengadakan pemantauan Gizi Buruk dan pemberian bantuan.
  11. Kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bapemas, dan Badan PP dan KB Kabupaten Ngawi mengadakan Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di wilayah Kecamatan dengan hasil kejuaraan sebagai berikut :

– Juara I             :  Desa Grudo, Kec. Ngawi

– Juara II            :  Desa tambakromo, Kec. Geneng

– Juara III           :  Desa Sidomulyo, Kec. Ngrambe

– Harapan I        :  Desa Gendingan, Kec. Widodaren

– Harapan II       :  Desa Bintoyo, Kec. Padas


Comments are closed.

Inovasi


Link Terkait


Video


Gallery


Peta Ngawi

Click to open a larger map