Warning: ini_set() has been disabled for security reasons in /home/pkk/public_html/wp-content/plugins/download-manager/download-manager.php on line 45
Perpustakaan Desa | PKK Kabupaten Ngawi

Perpustakaan Desa

Desa Ngrayudan  mempunyai visi“Memberikan pelayanan publik secara profesional, peningkatan pembangunan infrastruktur desa dalam bidang perekonomian, pertanian, pendidikan, kesehatan, kepariwisataan dan sosial agama menuju masyarakat sejahtera lahir danbatin”. Desa Ngrayudan memiliki keunggulan dari desa-desa yang lain di wilayah Kabupaten Ngawi yakni dalam pengelolaan Perpustakaan Desa dan Taman Belajar Masyarakat. Perpustakaan Desa sudah ada sejak tahun 1998. Minat baca masyarakat Desa Ngrayudan masih perlu di pacu untuk gemar membaca sehingga diharapkan dengan membaca akan meningkatkan wawasan dan keterampilan masyarakat dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Pemerintahan Desa Ngrayudan mengapresiasikan kegiatan peningkatan minat baca masyarakat ini dengan Keputusan Kepala Desa Ngrayudan Nomor 188/02.43/415.153.08/2010 tentang Pembentukan Perpustakaan Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Desa Ngrayudan dimaksud, langkah-langkah untuk menambah koleksi buku-buku dengan cara bagi tiap pasanganpengantin yang akan menikah ataupun bercerai wajib menyumbangkan tiga (3) buah buku kepada Perpustakaan Desa. Di perpustakaan tersebut memiliki 1000 judul buku dan keseluruhannya berjumlah 1500 buku.  Di dalam perpustakaan desa ini juga dilengkapi fasilitas internet yang bisa digunakan masyarakat untuk menambah wawasan lebih luas lagi selain melalui buku bacaan. Selain itu Perpustakaan Desa Ngrayudan merupakan satu perpustakaan di Kabupaten Ngawi sebagai pilot project perpustakaan on line dengan alamat http://perpus.ngrayudan-jogorogo.ngawikab.go.id, sehingga dengan adanya alamat web site tersebut diatas dapat diakses dari manapun.

Perpustakaan Desa Ngrayudan juga sangat dimanfaatkan oleh para petani, misalnya saja petani cabai. Dengan adanya buku bacaan mengenai cara menanam dan memelihara cabai maka petanidapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola tanaman cabe, sehingga dapat menambah pendapatan petani.Karena dengan membaca maka petani memiliki pengetahuan untuk mengatasi problem bersama khususnya petani cabai. Bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan juga Penggerak PKK Desa Ngrayudan mereka bersama-sama belajar dan mendapat bimbingan dari lembaga pendidikan dan PKK Desa Ngrayudan.

Peran perpustakaan bagi petani cabe merah :

1. Informasi kepastian pasar

2. Pengadaan sarana pertanian

3. Produksi (tehnologi budaya)

4. Pengolahan hasil (kualitas)

5. Kelembagaan petani (modal sosial)

Bentuk Layanan Perpustakaan Desa Ngrayudan terhadap petani cabe :

1. Kunjungan Petani Cabai ke Perpustakaan Desa Ngrayudan

2. Kegiatan Sosialisasi Perpustakaan Desa Ngrayudan

3. Undangan ke Kelompok Tani  Cabai secara berkala

4.       Sudah terbentuk Tim Motivator Desa yang melibatkan  PPL dan segenap Stake Holder Pertanian di Kabupaten Ngawi

Selain Perpustakaan Desa, di tiap dusun terdapat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang berdiri sejak tahun 2010. Taman bacaan ini berada di tiap dusun dengan jumlah buku keseluruhan sebanyak 350 exemplar.Dengan Taman Bacaan ini diharapkan mampu meningkatkan kegemaran masyarakatuntuk membaca sehingga pengetahuan masyarakat Desa Ngrayudan meningkatkan wawasannya. Karena dengan membaca buku berarti membuka jendela dunia.

Taman Bacaan Masyarakat

Taman Bacaan Masyarakat

Keberadaan Taman Bacaan Masyarakat yang berada di tiap dusun satu lokasi dengan Taman Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Sehingga sasaran konsumen pembaca adalah para ibu-ibu atau bapak-bapak yang mengantar dan menunggu anak-anaknya saat mengikuti kegiatan belajar di PAUD ataupun pada saat kegiatan Posyandu juga lebih mendekatkan dengan keberadaan masyarakat maupun anak-anak yang berminat untuk menambah wawasan atau membaca buku. Selain pada kegiatan tersebut masyarakat juga bisa dengan leluasa untuk datang membaca baik di Perpustakaan Desa maupun di Taman Bacaan Masyarakat  pada pagi hari, sore ataupun malam hari yang berada di rumah Kepala Desa dan para Kepala Dusun.


Comments are closed.

Inovasi


Link Terkait


Video


Gallery


Peta Ngawi

Click to open a larger map